PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
|
NO
|
JENIS
|
SUDAH DILAKSANAKAN
|
AKAN DILAKSANAKAN
|
1
| Standar Isi |
- Pelaksanaan kurikulum KTSP ( Kelas XII )
- Pelaksanaan kurikulum 2013 ( Kelas X dan XI)
- Melibatkan Tim Pengembang Kurikulum dalam menyusun Kurikulum KTSP
- Penyusunan Struktur Kurikulum , R10 dan Jadwal Pelajaran
- Pengaturan Beban Belajar
- Penentun KKM ( mengacu Permendikbud 104 tahun 2014)
- Penyusunan Kalender Pendidikan
- Mata Pelajaran Muatan lokal
- Kegiatan Ekstrakurikuler
- Pengembangan Silabus berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi
- Penyusunan Prota, Promes
- Pemetaan SK/KD
- Pemetaan KI/KD
|
- Revisi Kurikulum KTSP
- Penyusunan Program Pengembangan Diri dalam bentuk konseling.
|
2
| Standar Proses |
- Pelaksanaan kurikulum KTSP ( Kelas XII )
- Pelaksanaan kurikulum 2013 ( Kelas X dan XI)
- Melibatkan Tim Pengembang Kurikulum dalam menyusun Kurikulum KTSP
- Penyusunan Struktur Kurikulum , R10 dan Jadwal Pelajaran
- Pengaturan Beban Belajar
- Penentun KKM ( mengacu Permendikbud 104 tahun 2014)
- Penyusunan Kalender Pendidikan
- Mata Pelajaran Muatan local
- Kegiatan Ekstrakurikuler
- Pengembangan Silabus berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi
- Penyusunan Prota, Promes
- Pemetaan SK/KD
- Pemetaan KI/KD
|
- Penyusunan RPP dengan memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan RPP.
|
3
| Standar Kompetensi Lulusan |
- Siswa Lulus di atas KKM
- Ketersediaan bahan ajar
- Penggunaan Lab Komputer
- Penegakan Tata tertib sekolah
- Peringatan haris besar keagamaan
- Pebiasaan hidup bersih dan sehat
- Ibadah shalat berjamaah
Latihan musik Hadrah |
- Memberikan tambahan jam pelajaran mapel UN
- Siswa kelas XII dengan kurikulum KTSP memberikan kesempatan kepada siswa untuk membeli buku dengan dibayar secara cicilan. Siswa kelas X dan XI kurikulum 2013 buku disediakan sekolah.
- Semua Lab. Digunakan untuk kelas pembelajaran sesuai mata pelajaran
- Selalu di terapkan setiap hari dan ditegaskan disetiap upacara har senin.
- Dilaksanakan menyesuaikan kegiatan pembelajaran.
- Di selenggarakan Jum’at bersih
- Diselenggarakan jamaah shalat dhuhur di lanjutkan kultum
- Latihan musik lagu-lagu bertema Islam
|
4
| Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan |
1. SMA Muhammadiyah 2 surakarta sebagai berikut :
1
2
3 |
PNSD
- Putra
- Putri
TetapYayasan
- Putra
- Putri
GTT
- Putra
- Putri
|
5
7
5
6
7
5 |
2. Tenaga pendidik /TU di SMA Muhammadiyah 2 surakarta sebagai berikut :
1
2
|
Tetap Yayasan
- Putra
- Putri
PTT
- Putra
- Putri
|
2
2
4
2 |
3. Pendidik/guru sebagian besar sudah mengikuti Workshop / pelatihan kurikulum 2013 (kurang lebih sudah 75%), dan latar belakang pendidikan Sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan.
4. Semua pendidik/guru dan tenaga pendidik / TU memiliki Surat Keputusan SK dari Pimpinan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta.
5. Pendidikan terakhir Kepala Sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta adalah Magister Pendidikan (M.Pd.).
6.
Tahun Pelajaran 2013/2014 siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tingkat kelulusannya 100%, dengan perincian sebagai berikut :
6.1. Jurusan/Program IPA peserta Ujian putra 8 dan putri 19 (lulus semua).
6.2.
Jurusan/Program IPS peserta Ujian putra 20 dan putri 11 (lulus semua).
7. Untuk penjaga sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta adalah Bp. Bejo |
- Mendorong guru yang belum S-1 untuk melanjutkan kuliah ke S-1.
- Guru yang sudah S-1 dimotivasi untuk menjalutkan ke S-2.
- Saat ini ada guru yang sedang melanjutkan ke jenjang S-2.
- Kepala Sekolah mengadakan supervisi, baik administrasi guru maupun, cara guru saat mengajar di kelas.
- SMA Muhammadiyah 2 Surakarta mempunyai tenaga pustakawan sesuai dengan certifikat yang di milikinya. (dikeluarkan dari lembaga pustaka UGM).
|
5
| Standar Sarana dan prasarana |
- Lahan sekolah sudah meneuhi ketentuan minimum dari Permendiknas.
- Sekolah berada di tengah kota, dengan lingkungan yang aman, nyaman, dan menyenangkan.
- Bangunan gedung lantai 3, dan sudah memenuhi ketentuan luas minimum lantai sekolah berdasarkan Permendiknas.
- Struktur bangunan stabil dan sekolah, dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya petir.
- Memiliki sanitasi di dalam dan di luar yang dapat memenuhi kebutuhan sekolah.
- Memiliki ventilasi udara dan penerangan yang cukup.
- Memiliki instalasi listrik : 17.600 Watt.
- Pemeliharaan sekolah dilakukan secara berkala.
- Sekolah memiliki sarana : ruang belajar tematik classroom, laboratorium MIPA lengkap, (Multi Media, TIK, Budi Pekerti, Bahasa, dan Studio Musik), Perpustakaan, tempat ibadah dan UKS.
- Memiliki Ruang OSIS/IPM/Komite.
- Koperasi sekolah, kantin putra dan putri.
- Jamban / WC cukup (lantai satu 1 : 11, lantai dua 2 : 1dan lantai tiga 3 : 1).
- Memiliki tempat parkir.
|
- Belum memiliki IMB (dalam proses).
- Masih perlu rehab perwajahan sekolah.
- Melengkapi CCTV, karena baru terpasang 10 titik.
- Melengkapi beberapa ruang belajar yang belum ada almari.
- Tempat sampah dengan penggolongan : sampah organik dan sampah non organik.
|
6
| Standar Pengelolaan |
- Sekolah memiliki Visi dan Misi
- Perumusan Visi dan Misi ditetapkan secara bersama
- Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, rencana kerja tahunan
- Sekolah memiliki struktur Organisasi
- Sekoalah memiliki pedoman dan pengelolaan secara tertulis
- Sekolah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi
- Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
- Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas.
- Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan dengan melakukan pembukuan
- Evaluasi Kinerja pendidik secara periodik
|
- Melakukan Update Visi dan Misi Sekolah
- Update Visi dan Misi Sekolah dilakukan secara bersama
- Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah, rencana kerja tahunan
- Update struktur Organisasi
- Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan secara tertulis
- Sekolah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi (TIK, Olah raga dan OSN)
- Sekolah telah menerapkan kurikulum 2013
- Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas.
- Pengelolaan pembiayaan pendidikan dilakukan dengan melakukan pembukuan secara tertib dan transparan
- Evaluasi Kinerja pendidik dilakukan setiap tiga bulan
|
7
| Standar Pembiayaan |
- Kerjasama dengan Orang Tua/Wali siswa untuk biaya operasional sekolah (SPP dan USP).
- Mengajukan proposal dana bantuan, baik melalui APBN, APBD I dan APBD II.
- Mengadakan kerjasama dengan YKMM (Yayasan Kerta Mentas Mandiri) dan UP 45 Yogyakarta untuk Beasiswa (siswa kurang mampu dan berprestasi).
- Menyusun RKAS dengan pos Mata Anggaran yang memenuhi di Standar Nasinal Pendidikan, berdasarkan Juknis Pengelolaan Keuangan Perguruan Muhammadiyah Kota Surakarta.
- Menganggarkan biaya Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dalam mengikuti Diklat dan Seminar, Honor dan Gaji Kesejahteraan, Tunjangan Jabatan, dan Perjalanan Dinas.
- Menganggarkan biaya kegiatan Pembelajaran, Ekstrakurikuler, kegiatan OSIS/IPM, mengikuti lomba untuk bidang akademik maupun non akademik.
- Menganggarkan penghargaan siswa dan guru yang berpestasi.
- Menganggarkan biaya pemeliharaan fisik dan non fisik.
- Menganggarkan biaya evaluasi pendidikan, seperti UTS, UAS, USEK dan UNAS.
- Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel.
|
- Berusaha meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan.
- Sekolah mengusahakan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu dan siswa yang berprestasi.
|
8
| Penilaian Pendidikan |
- Penilaian hasil belajar oleh pendidik mengacu pada Permendikbud no 104 tahun 2014.
- Menggunakan penilaian otentik (penilaian pengetahuan, sikap dan spiritual serta keterampilan )
- Penilaian pengetahuan meliputi : tes ( lisan atau tertulis), tugas
- Penilaian sikap : penilaian diri, teman sebaya dan jurnal guru
- Penilaian keterampilan : proyek , portofolio.
- Membentuk panitia dalam melaksanakan ulangan harian , ulangan tengah semester, ulangan akhir semester/ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah dan ujian nasional
- Menentukan kriteria kenaikan kelas dan kelulusan melalui rapat bersama
- Membagikan hasil UTS, Ulangan Akhir Semester ,Raport kenaikan kelas , SKHUN dan Ijazah kepada siswa .
- Pelaksanaan program remidi
|
- Membuat program pengayaan.
- Membuat program /sofware penilaian kurikulum 2013 lebih mudah
- Membuat program/sofware pembuatan raport pada kurikulum 2013 lebih sederhana dan mudah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar